Download our available apps

Yuk Kenali Penyebab Tarikan Mobil Kurang Responsif

Pewarta - Prana Hikmat
Yuk Kenali Penyebab Tarikan Mobil Kurang Responsif
Ilustrasi Tarikan Mobil

BLOG OSCAS - Ada beberapa masalah yang mungkin saja bisa dialami pemilik kendaraan, salah satunya tarikan mobil kurang responsif yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Maka dari itu, perlu cari tahu penyebab mesin jadi loyo tidak bertenaga.

Ketika mobil kurang perawatan terutama bagian mesin, bakal timbul beberapa masalah yang mungkin tidak terduga, seperti tarikan mobil terasa berat meskipun sudah di gas poll. Tentunya bikin rasa berkendara jadi kurang nyaman.

Apa yang harus dilakukan saat mobil kurang bertenaga? Pastinya pemilik mobil harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Untuk itu, simak penjelasan dibawah ini.


Penyebab Tarikan Mobil Kurang Responsif


Memang untuk mengenali penyebab tarikan mesin mobil kurang bertenaga tidaklah mudah, perlu memeriksa sejumlah komponen mesin mobil atau letak masalahnya.

Jika ingin mengetahui faktor penyebab tarikan mobil kurang responsif, maka bisa periksa beberapa komponen mobil dibawah ini. Yuk, ketahui penyebabnya!


1. Pengapian Bermasalah


Sistem pengapian bermasalah bisa menyebabkan mesin kurang responsif, biasanya kendala ini terjadi pada bagian busi kotor sehingga proses pembakaran kurang maksimal. Maka bisa cek busi, jika kotor bisa bersihkan busi tersebut.


2. Mesin Sering Overheating


Ketika mesin mobil overheating, maka bisa membuat performa mesin menurun. Faktor penyebabnya sistem pendingin mesin kurang maksimal atau rusak, maka periksa sistem pendinginan mobil, apakah bekerja dengan normal?


3. Filter Udara Kotor


Filter udara yang kotor bisa menyumbat aliran oksigen ke ruang bahan bakar, maka proses pembakaran jadi kurang optimal bikin mobil tidak bertenaga. Maka periksa filter udara dan bersihkan dari kotoran yang menempel pada komponen ini.


4. Filter Bahan Bakar Kotor


Sama seperti halnya filter udara, filter bahan bakar kotor bisa menyebabkan aliran bensin jadi terhambat masuk ke ruang bakar. Hal ini bisa membuat mesin jadi kurang responsif karena kurang pasokan bahan bakar yang masuk.


5. Kampas Kopling Habis


Kampas kopling habis atau aus bisa menyebabkan kinerja mobil saat melakukan perpindahan transmisi jadi tersendat, hal ini bisa membuat tarikan mobil jadi berat. Maka perlu cek kondisi kampas kopling, jika sudah tipis maka bisa ganti baru.


6. Kualitas Bahan Bakar


Ternyata kualitas bahan bakar juga mempengaruhi performa mobil, lho! Bahan bakar dengan oktan rendah membuat mesin jadi kurang responsif, jika ingin laju kendaraan maksimal maka sebaiknya gunakan bahan bakar berkualitas.

Itulah faktor penyebab tarikan mobil kurang responsif yang bisa dialami oleh siapa saja, terutama pemiliki kendaran yang tidak pernah melakukan perawatan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?


Mengatasi Tarikan Mobil Kurang Responsif


Untuk membuat performa mobil tetap stabil dan tenaga mobil powerful, maka harus melakukan perawatan mobil secara rutin. Salah satunya dengan melakukan tune up, hal ini bisa membuat mesin mobil selalu prima dan bertenaga.

Kegiatan tune up bertujuan untuk memeriksa komponen mesin, sehingga bisa diketahui penyebab mesin jadi loyo tanpa tenaga. Adapun manfaat tune up sebagai berikut:


  1. Mengoptimalkan performa mesin
  2. Memastikan fungsi filter udara berjalan lancar
  3. Memperpanjang usia pemakaian mobil
  4. Meningkatkan kenyamanan berkendara
  5. Membuat mesin mobil tetap bertenaga


Jadi, jangan lewatkan melakukan tune up secara berkala, hal ini bagian dari perawatan mobil agar kondisi mesin tetap prima, serta cara ampuh mengatasi tarikan mobil kurang responsif karena setiap komponen akan diperiksa secara detail.

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin tentu saja akan membuat performa tetap stabil, meskipun mobil sering dipakai. Tarikan mobil bertenaga sehingga memberikan kenyamanan dalam berkendara. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita