Download our available apps

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Innova Tanpa ke Bengkel

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Innova Tanpa ke Bengkel
Gambar Evaporator AC Mobil Innova

BLOG OSCAS - Bagi pemilik mobil Innova, penting untuk menjaga kebersihan AC terutama Evaporator. Jika komponen ini kotor, tentu saja sistem pendinginan kurang maksimal. Lantas, bagaimana cara membersihkan evaporator AC mobil Innova?

Untuk memberikan rasa nyaman bagi pengendara, evaporator AC mobil haruslah bekerja secara prima menghembuskan udara dingin di dalam kabin. Maka dari itu, pastikan evaporator bersih dari kotoran agar sirkulasi suhu udara tetap sejuk.

Nah, jika evaporator kotor dan memunculkan aroma bau, maka komponen AC ini harus segera dibersihkan, caranya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, mari ketahui terlebih dahulu fungsi evaporator AC.


Fungsi Evaporator AC?


Evaporator memiliki fungsi untuk menyerap hawa panas yang ada di kabin mobil, kemudian disalurkan melalui refrigerant untuk diubah menjadi udara dingin yang bisa dirasakan di dalam kabin. Adapun fungsi lain evaporator adalah sebagai berikut:


  1. Mengubah freon menjadi udara dingin di kabin
  2. Memastikan kinerja AC mobil bekerja maksimal
  3. Menjaga sirkulasi udara tetap dingin di kabin


Apa yang terjadi jika evaporator AC rusak? Ketika evaporator kurang terawat kebersihannya, udara di dalam kabin akan terasa panas, hal ini terjadi karena muncul gumpalan es menghalangi udara keluar sehingga suhu udara jadi tidak stabil.

Maka dari itu, perlu menjaga kebersihan evaporator agar udara di dalam kabil tetap dingin. Berikut ada cara membersihkan evaporator AC mobil Innova yang bisa dilakukan dengan mudah agar komponen ini berfungsi maksimal.


Cara Membersihkan Evaporator AC Innova


Jika AC mobil terasa kurang dingin dan muncul aroma yang tidak sedap, maka bisa bersihkan bagian evaporator dengan langkah-langkah berikut ini.


1. Matikan Mesin Mobil


Langkah pertama yang harus dilakukan memastikan mesin mobil dalam kondisi mati, bertujuan agar lebih mudah saat bongkar beberapa bagian mesin. Selain itu, siapkan juga alat pembersih seperti sikat gigi, cairan pembersih dan yang lainnya.


2. Letak Evaporator AC Mobil


Untuk membersihkan evaporator, cari letak komponen ini berada, bisanya terletak di bagian bawah dashboard mobil. Jika tidak ditemukan, maka baca buku panduan tentang informasi terkait mesin dan komponen mobil Innova.


3. Buka Evaporator dan Filter AC


Setelah letak evaporator AC mobil ditemukan, kemudian buka dengan hati-hati. Jika belum tahu cara membukanya bisa baca buku manual dan ikuti petunjuknya. Jangan lupa, cek juga bagian filter AC. Jika kotor sekalian bersihkan.


4. Hidupkan Mesin Mobil dan AC


Untuk membersihkan evaporator AC mobil Innova, hidupkan mesin dan nyalakan AC dengan suhu paling tinggi, serta putaran blower yang paling tinggi. Cek evaporator, apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah tidak terasa dingin?


5. Semprotkan Cairan Pembersih


Jika evaporator AC kotor, maka semprotkan cairan pembersih khusus AC sehingga muncul busa, biarkan busa mengeluarkan air dari ventilasi AC. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bersihkan air yang ada di lubang ventilasi AC hingga kering.


6. Cek Kembali AC Mobil


Setelah evaporator AC dibersihkan dan air mengering, cek kembali AC untuk memastikan sudah menghembuskan udara dingin secara maksimal dan evaporator bersih. Kemudian biarkan beberapa saat agar sirkulasi udara lancar.

Jika masih bingung cara membersihkan evaporator AC mobil Innova sendiri di rumah, makan bisa menyewa jasa pembersih AC mobil atau membawanya ke bengkel terdekat

Melalui informasi tentang cara membersihkan evaporator AC mobil ini diharapkan bisa menjadi referensi, terutama bagi yang ingin membersihkan komponen pendingin kabin ini di rumah. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita