Download our available apps

Ketahui Berbagai Cara Menghilangkan Panas Bekas Koyo Cabe Yang Mengganggu

Pewarta - Prana Hikmat
Ketahui Berbagai Cara Menghilangkan Panas Bekas Koyo Cabe Yang Mengganggu
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Panas Bekas Koyo Cabe

BLOG OSCAS - Cara menghilangkan panas bekas koyo cabe seringkali dicari karena memang sensasi panas koyo bisa sangat mengganggu. Apalagi jika panas terjadi pada daerah yang mudah berkeringat, maka kulit akan terasa sedikit perih. Bahkan, kulit bisa mengalami iritasi.


Beberapa Cara Menghilangkan Panas Bekas Koyo Cabe


Panas koyo cabe umumnya digunakan untuk meredakan berbagai keluhan, seperti pegal, linu, dan masuk angin. Namun, perlu diperhatikan jika tidak semua kulit tahan dengan panasnya koyo cabe. Memang ketika diperlukan, panas dari koyo bisa sangat membantu.


Anda tidak langsung merasa panas saat menempelkan koyo, tapi setelah koyo menempel beberapa menit bisa tak tertahankan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan panas bekas koyo cabe agar manfaatnya terasa tanpa sensasi terbakar mengganggu.


1. Hentikan Pemakaian


Toleransi panas orang berbeda-beda, jadi kalau perlu memakai koyo, sesuaikan dengan panas dari koyo. Koyo cabe adalah tingkatan panas cukup tinggi, jadi Anda punya banyak pilihan. Kalau kepanasan dan ingin bekas panas tersebut hilang, hentikan pemakaian.


Lepas koyo dari kulit untuk menghilangkan panas yang Anda rasakan dari koyo cabe yang paling panas dari koyo lainnya. Rasa panas tidak akan langsung hilang, tapi bisa jadi langkah pertama yang akan membantu membuat panasnya jadi tidak terlalu membakar.


2. Gunakan Handbody


Handbody akan memberikan sensasi dingin, sehingga panas akibat koyo atau yang biasa disebut dengan wedangen akan segera berkurang. Selain itu, handbody juga dapat menenangkan dan melembabkan kulit yang mengalami iritasi setelah pemakaian koyo.


Cara menghilangkan panas bekas koyo cabe dengan handbody sangat mudah. Anda tinggal mengoleskannya pada bagian bekas koyo menempel. Tidak perlu memakai handbody banyak-banyak, cukup tipis saja sudah cukup.


3. Gunakan Minyak


Sama dengan handbody, minyak memiliki efek yang sama dalam menghilangkan efek panas koyo cabe. Minyak menetralkan bekas koyo sekaligus meringankan peradangan dan iritasi. Selain itu, minyak juga dapat membantu menghilangkan bekas lem perekat koyo.


Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Dua jenis minyak ini tidak hanya akan menghilangkan rasa panas, tapi juga melembabkan dan menenangkan kulit yang stress. Kalau tidak ada minyak kelapa atau zaitun, minyak goreng juga bisa.


4. Gunakan Sabun


Saat kulit terasa panas akibat koyo, bersentuhan dengan air memang memberikan sensasi dingin seakan menggigil. Namun, jika Anda ingin rasa panas tersebut segera hilang, Anda perlu memaksakan diri agar bersentuhan dengan air.


Cara menghilangkan panas bekas koyo cabe bisa dengan membilas bagian kulit yang panas dengan air mengalir selama 15 menit. Setelah itu, gunakan sabun hingga sisa-sisa koyo cabe benar-benar bersih. Cara ini dapat dengan efektif mengangkat panasnya.


5. Kompres Air Dingin


Ada beberapa kondisi yang mungkin membuat Anda tidak bisa bersentuhan dengan air. Misalnya, saat Anda memakai koyo karena masuk angin. Nah, disaat seperti ini, Anda bisa mencoba cara lain untuk bisa menghilangkan panas bekas koyo cabe.


Cobalah untuk melakukan kompres dengan air dingin. Jangan lupa sedikit menggosok bagian bekas koyo dengan handuk agar bekas koyo lebih cepat hilang. Lakukan dengan perlahan sehingga bekas panasnya bisa terangkat dengan sempurna.


6. Ganti Baju


Setelah mencoba berbagai cara di atas, jangan lupa mengganti baju. Hal ini agar kulit tidak terpapar dengan bekas koyo yang menempel pada baju yang sebelumnya dikenakan. Gantilah dengan pakaian lain untuk benar -benar bebas dari bekas panasnya.


Pakai baju dengan bahan lembut dan potongan longgar agar tidak menggesek kulit, bekas koyo umumnya lebih rentan iritasi. Tunggulah beberapa saat, bekas panas koyo cabe akan perlahan hilang sensasi panasnya kalau sudah dilepas dan berganti pakaian.


Sudah tahu cara menghilangkan panas bekas koyo cabe, kan? Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu lagi takut dengan efek pemakaian koyo cabe yang panasnya melebihi koyo lainnya. Atasi rasa pegal, linu dan masalah otot dan persendian dengan koyo cabe.

BACA JUGA :

Inilah 3 Solusi dan Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga


Jika kulit Anda sangat sensitif, ada baiknya jika memilih koyo dengan kandungan yang lembut dan memiliki panas bersahabat dengan kulit. Ketahui cara tepat untuk menghilangkan sensasi panas dari bekas koyo cabe yang membuat Anda tidak nyaman.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita