Download our available apps

3 Cara Agar Sinyal 4G Terus Stabil dan Koneksi Lancar

Pewarta - Prana Hikmat
3 Cara Agar Sinyal 4G Terus Stabil dan Koneksi Lancar
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Keberadaan sinyal 4G pada suatu perangkat sangat membantu kelancaran aktivitas berselancar di internet untuk berbagai macam keperluan. Namun, hal ini tidak selalu lancar, karena ada kalanya sinyal tiba-tiba berpindah ke 3G atau H. Tentunya ini akan membuat konektivitas yang tadinya cepat menjadi lambat. Jika ini terjadi, apa yang seharusnya dilakukan pengguna, sebagai cara agar sinyal 4G terus stabil?

Perlu untuk dipahami bahwa tidak semua tempat mampu menjangkau sinyal 4G dengan baik, khususnya lagi yang berada di daerah teropelosok. Karenanya biasanya ketersediaan sinyal pun terbatas. Selain itu, kondisi perangkat juga turut memberi pengaruh performa sinyal yang ada. Tentu untuk mengatasinya agar tetap stabil, harus mempertimbangkan kondisi tersebut, yakni dengan cara:

Melakukan Reboot pada Smartphone yang Dimiliki

Sistem yang bekerja tidak normal pada smartphone dapat mempengaruhi jaringan 4G menjadi tidak stabil. Oleh karena itu pengguna smartphone dapat melakukan sesuatu untuk membuat sinyal kembali normal. Hal yang perlu dilakukan yaitu reboot smartphone untuk membuat sistem dapat bekerja kembali secara normal. Ini bisa dilakukan dengan merunut instruksi berikut:

Tekan tombol Power hingga keluar 3 opsi Matikan, Mulai Ulang, dan Reset;

Kemudian ketuk pilihan Mulai Ulang Ponsel yang tertera pada layar;

Tunggu hingga smartphone selesai memulai ulang sistemnya hingga layar kembali menyala, maka proses reboot smartphone pun selesai dilakukan; dan

Biasanya jika tidak ada masalah lain, sinyal akan kembali ke mode 4G.

Menerapkan Fitur Mode Pesawat pada Smartphone

Perlu diketahui sebelumnya bahwa bahwa mode pesawat bisa dikatakan ada kaitannya dengan jaringan 4G. Pasalnya mode airplane memungkinkan smartphone untuk membuat seluruh jaringan yang ada di dalamnya mati secara otomatis, termasuk bluetooth, wifi, dan sebagainya. Kemudian ketika mode pesawat diaktifkan, maka smartphone akan mencari jaringan baru secara otomatis.

Sehingga cara agar sinyal 4G terus stabil seperti ini dirasa cukup ampuh untuk dilakukan. Ikuti langkah-langkahnya untuk mengaktifkan mode pesawat di bawah ini:

1. Pakai Menu Pengaturan

Alternatif pertama yang dapat dipakai pengguna untuk mengaktifkan mode pesawat ialah menggunakan menu pengaturan. Ini dapat dijalankan dengan cara:

Buka kunci ponsel terlebih dahulu;

Pergi ke menu Pengaturan;

Pilih opsi Koneksi;

Temukan pilihan Mode Terbang dan aktifkan; dan

Tunggu beberapa saat dan nonaktifkan kembali mode pesawat ini, maka jaringan 4G akan menjadi lancar lagi.

2. Gunakan Akses Cepat

Pengguna smartphone juga bisa menggunakan cara lebih cepat untuk refresh jaringan 4G agar stabil. Caranya yaitu geser layar smartphone dari atas ke arah bawah. Maka akan muncul berbagai fitur. Tekan pada gambar pesawat untuk mengaktifkan airplane mode. Setelah itu tunggu beberapa saat, kemudian tekan lagi ikonnya untuk kembali ke mode data. Biasanya jika tidak ada kendala, akan langsung mendapat jaringan terbaik.

Melakukan Mode Setel Jaringan

Mengatur ulang jaringan prioritas adalah hal yang dapat dilakukan oleh pengguna smartphone yang selanjutnya. Terutama apabila pengguna menggunakan perangkat yang memiliki lebih dari satu sim di dalamnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan merunut perintah di bawah ini:

Nyalakan ponsel lalu segera masuk ke menu pengaturan;

Bila sudah, maka pilih saja menu yang menyatakan pengaturan jaringan;

Biasanya setelah menu tersebut di klik, akan muncul opsi nama kartu sim dan informasi jaringan yang diprioritaskan. Pengguna tinggal memilih salah satu yang ingin diutamakan mendapat sinyal 4G, semisal sim 1;

Jika awalnya jaringan sudah 4G, maka ubah dahulu ke mode 2G atau 3G, dan keluar untuk menyimpan otomatis;

Setelah itu masuk kembali ke menu pengaturan tadi, dan kembali ubah jaringannya ke mode 4G; dan

Pengguna tinggal melihat hasilnya. Meski sepele, langkah ini sangat efektif diterapkan dan bisa membuat sinyal 4G yang tadinya buruk menjadi stabil.

Apabila sudah melakukan ketiga cara agar sinyal 4G terus lancar di atas namun jaringannya masih tidak stabil atau buruk, maka ada beberapa kemungkinan. Yakni karena faktor lokasi, habisnya paket data, gangguan jaringan provider yang digunakan, atau masalah pada perangkatnya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita