Download our available apps

Inilah 7 Cara Agar Channel YouTube Bisa Dicari untuk Pemula

Pewarta - Prana Hikmat
Inilah 7 Cara Agar Channel YouTube Bisa Dicari untuk Pemula
Foto oleh Pixabay dari Pexels

Mengembangkan sebuah channel YouTube semakin banyak dijalankan oleh pengguna internet karena dianggap sebagai bisnis potensial. Namun sayangnya, di awal pengembangan, banyak sekali masalah yang harus dihadapi, seperti channel susah dicari misalnya. Lalu apa yang harus dilakukan pengguna sebagai cara agar channel Youtube bisa dicari dengan mudah? Berikut tutorialnya!

1. Buat Kata Kunci

Pencarian dalam dunia internet berkaitan erat dengan kata kunci. Tidak terkecuali dengan channel YouTube yang akan semakin mudah ditemukan melalui kata kunci. Pembuatan kata kunci diawali dengan riset terlebih dahulu pada banyak kata kunci yang populer. Kata kunci inilah yang akan disebar dalam sebuah channel pada setiap video.

2. Optimalkan dalam Pembuatan Judul Video

Buatlah judul video berkaitan dengan hal-hal yang banyak dicari orang sehingga mesin pencarian YouTube mudah untuk menemukan. Judul video bisa mengandung kata kunci atau key word yang sudah dilakukan riset seperti pada cara pertama. Pastikan judul berkaitan erat dengan isi video sehingga viewers tertarik untuk menonton atau mencarinya di kemudian hari.

3. Gunakan Tag dengan Tepat

YouTube memiliki sistem algoritma yang bekerja dalam pencarian video atau channel. Sistem tersebut akan dipermudah dengan adanya tag pada video dalam sebuah channel. Selain membuat judul, buat juga tag yang berkaitan dengan kata kunci yang telah ditentukan. Gunakan tag seefisien mungkin dan tidak terlalu panjang agar mudah dicari.

4. Buat Nama Channel yang Unik

Salah satu cara agar channel YouTube bisa dicari adalah dengan membuat nama channel yang unik dan tidak pasaran. Sebisa mungkin buat nama channel yang mudah diingat sehingga mudah dicari. Cara termudah adalah dengan menentukan tema dari channel tersebut, kemudian cari nama yang tepat dan berkaitan dengan isi channel ke depannya.

5. Lengkapi Deskripsi Video

Cara agar channel YouTube bisa dicari dengan mudah selanjutnya buat deskripsi sebelum melakukan upload video. Deskripsi ini berpengaruh pada peringkat pencarian di YouTube. Pastikan deskripsi mengandung kata kunci yang telah ditentukan saat membuat video. Setelah itu deskripsikan tentang isi dalam video dengan pemilihan kata yang menarik penasaran.

6. Unggah Video Secara Rutin dan Konsisten

Kunci terpenting agar YouTube banyak yang mencari adalah dengan selalu mengunggah video. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa channel tersebut selalu aktif. Channel yang aktif akan banyak dicari terlebih jika konten yang dibuat juga konsisten. Konsisten yang dimaksud adalah setiap video yang dibuat tetap berada dalam tema dari channel tersebut.

Misalkan channel dimaksudkan untuk membuat konten review produk, maka konsisten dengan review produk. Selalu buat video yang berkaitan dengan review produk yang sedang hits karena ini akan banyak dicari oleh viewers. Unggah secara rutin sehingga viewers merasa bahwa channel tersebut selalu aktif dan akan terus dicari.

7. Manfaatkan Close Caption

Kata kunci masih menjadi pengaruh besar dalam pencarian di YouTube salah satunya dengan meletakkan kata kunci. Selain kata kunci pada judul, tag, dan deskripsi, kata kunci bisa diletakkan pada close caption video. Hal ini juga berpengaruh pada pencarian channel YouTube. Close caption ini semacam narasi video yang muncul di akhir.

Tujuannya agar viewers lebih paham dengan isi dalam video yang dibuat. Selain itu, close caption yang mengandung kata kunci berpotensi masuk dalam indeks pencarian YouTube. Oleh karena itu, close caption juga bisa membantu mempermudah mesin pencarian YouTube.

Memiliki channel YouTube yang populer sudah menjadi ambisi banyak orang. Oleh karena itu, agar channel lebih populer perlu dilakukan berbagai strategi. Cara agar channel YouTube bisa dicari tadi bisa dicoba untuk meningkatkan pencarian pada sebuah channel YouTube yang tengah dikembangkan!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita