Download our available apps

Ketahui 8 Kiat Cara Membuka Usaha Ganti Oli Motor Supaya Sukses

Pewarta - Prana Hikmat
Ketahui 8 Kiat Cara Membuka Usaha Ganti Oli Motor Supaya Sukses
Ilustrasi : Cara Membuka Usaha Ganti Oli Motor

BLOG OSCAS - Cara membuka usaha ganti oli motor menjadi salah satu bentuk usaha yang kini mulai banyak dilirik oleh anak muda. Usaha satu ini memang memiliki prospek cukup menjanjikan. Apalagi ganti oli juga merupakan satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi mesin motor.


Namun, tentunya strategi dari usaha ini juga harus dilakukan dengan tepat supaya bisa mendapatkan profit yang diharapkan. Nah, lalu bagaimana cara menjalankan usaha ini supaya bisa berjalan dengan baik? Berikut ulasannya:


1. Siapkan Modal Usaha


Cara membuka usaha ganti oli motor yang pertama adalah mempersiapkan modal usaha yang akan digunakan. Modal usaha ini perlu disiapkan mulai dari modal untuk menyewa tempat hingga modal untuk berbagai peralatan ganti oli.


Namun, apabila tidak melakukan penyewaan tempat maka, uang tersebut bisa digunakan untuk membeli perlengkapan lainnya. Perhitungan modal usaha ini harus dilakukan dengan tepat supaya tidak terjadi kendala kedepannya.


2. Lengkapi Oli Motor dengan Kualitas Baik


Mempersiapkan penjualan oli motor dengan kualitas terbaik juga harus dilakukan. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya mesin motor yang diganti olinya tidak mengalami masalah kedepannya.


Memberikan berbagai pilihan oli motor dengan kualitas yang bagus juga penting supaya calon pelanggan bisa memilih merek yang diinginkan. Tentunya dengan tetap menggunakan pertimbangan yang tepat sesuai dengan jenis motor.


3. Melakukan Promosi Usaha


Melakukan promosi usaha yang baik dan tepat sasaran juga perlu dilakukan. Hal ini menjadi satu poin penting yang perlu dilakukan supaya usaha yang dimiliki bisa berjalan dan berkembang.


Promosi menggunakan brosur bisa menjadi pilihan yang tepat dalam hal ini. Melakukan promosi secara online melalui media sosial juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan.


4. Memberikan Pelayanan Terbaik


Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan tentunya juga menjadi poin penting yang perlu dilakukan. Tentunya dengan pelayanan yang ramah maka, pelanggan juga akan merasa senang untuk kembali.


Namun, selain pelayanan yang ramah tentunya memberikan pelayanan terbaik dalam mengganti oli mesin juga perlu dilakukan. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya pelanggan juga merasa puas atas pelayanan yang dilakukan.


5. Membuat Tempat tunggu yang Nyaman untuk Pelanggan


Tanpa disadari lokasi usaha yang nyaman juga bisa menjadi poin yang bisa digunakan sebagai cara membuka usaha ganti oli motor. Memiliki tempat usaha yang tampak bersih untuk tempat tunggu pelanggan bisa menjadi solusinya.


Tentunya dengan memiliki tempat tunggu yang nyaman maka, pelanggan akan merasa lebih nyaman saat menunggu proses pergantian oli. Hal ini juga bisa menjadi nilai plus dari usaha bengkel yang tengah dijalankan di mata pelanggan.


6. Memberikan Diskon


Memberikan diskon pada pelanggan bisa menjadi strategi yang tepat. Tentunya memberikan diskon ini bisa dilakukan dengan pertimbangan terlebih dahulu. Ini bisa menjadi strategi awal untuk menarik pelanggan datang ke bengkel.


Namun, dalam strategi pemberian diskon ini juga harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat. Perhitungan ini harus dilakukan supaya nantinya usaha ganti oli tidak mengalami kerugian karena strategi bisnis yang salah.


7. Tambahkan Sparepart Lain


Apabila pelaku usaha memiliki modal lebih untuk membuka usaha maka, menambahkan sparepart pada bengkel yang dimiliki juga bisa dilakukan. Adanya tambahan sperpart ini bisa menarik pelanggan untuk datang ke bengkel.


Hal ini pun juga bisa membuka peluang usaha lain diluar bisnis utama yang dilakukan. Tentunya dengan adanya tambahan sperepart ini pelaku usaha juga bisa mendapatkan tambahan pendapatan lain melalui satu bengkel yang sama.


8. Lakukan Usaha Tambahan


Selain menambahkan sparepart sebagai usaha lain yang bisa dilakukan. Memberikan pelayanan seperti tambal ban atau pun ganti velg juga bisa dijadikan usaha sampingan dari ganti oli supaya usaha bisa berkembang.


Usaha ini bisa menjadi sumber pendapatan lainnya. Tentunya dengan adanya tambahan usaha ini juga nantinya pelanggan juga akan tertarik untuk kembali datang. Bisnis yang dijalankan pun akan tampak lebih profesional dengan usaha yang beragam.


Nah, itulah tadi sekilas tentang cara membuka usaha ganti oli motor yang bisa dilakukan. Tentunya dengan adanya strategi yang tepat dalam membuka usaha ini maka, profit yang diharapkan bisa dicapai sesuai dengan rencana awal.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita