Download our available apps

5 Cara Menghadapi Orang Bermuka Dua Dalam Islam

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Menghadapi Orang Bermuka Dua Dalam Islam
Ilustrasi : Orang Bermuka Dua

BLOG OSCAS - Begini cara menghadapi orang bermuka dua dalam Islam. Orang bermuka dua atau bisa dibilang munafik memiliki kebiasaan buruk, yaitu bersikap baik di depan dan jelek di belakang. Siapapun akan terkecoh dengan kata-kata baik yang ia lontarkan.


Namun, mereka juga bisa menjelek-jelekkan keburukan orang dan menyebar luaskannya kepada orang lain. Memiliki teman atau kenalan yang bersikap demikian tentu sangat memancing emosi.


Tapi tak perlu sampai meladeninya. Berikut kami paparkan cara menghadapinya dengan bijak.


Cara Menghadapi Orang Bermuka Dua


1. Respon dengan tenang dan santai


Ketika bertemu dengan orang bermuka dua, hal yang perlu kamu lakukan adalah tenang dan santai. Jangan sampai emosi kamu terpancing oleh perilakunya. Namun apabila kamu sulit mengendalikannya. Sebaiknya kamu menjauh dari orang tersebut.


2. Mengabaikan bila mulai mengganggu


Diam adalah emas. Demikianlah kata pepatah namun ada benarnya. Begitu pula dalam Islam kita dianjurkan berbicara jika perlu saja agar tidak menimbulkan banyak kesalahan. Kamu bisa mengabaikan orang bermuka dua tersebut dan mencari kegiatan yang lebih menguntungkan.


3. Tegur secara halus


Cara menghadapi orang bermuka dua dalam Islam selanjutnya adalah tegur secara halus. Jika kamu sudah menerapkan semua cara di atas namun ia tak kunjung berhenti untuk menjelek-jelekkanmu.


Maka kamu bisa menegurnya secara halus. Katakan padanya mengapa ia bisa berbuat demikian dan jelaskan bahwa hal itu tidak ada gunanya.


4. Intropeksi diri


Hal ini juga bisa kamu jadikan bahan untuk selalu intropeksi diri. Apa yang ia katakan tentangmu adalah benar. Jika iya, kamu bisa lebih memperbaiki diri dan tunjukkan bahwa kamu bukan lagi orang yang seperti itu.


5. Biasakan untuk menghadapinya


Setelah merenung dan ternyata bukan kesalahanmu. Sebaiknya kamu harus mulai terbiasa untuk menghadapinya, jangan sampai kamu membuang-buang waktu hanya untuk meladeninya.


Orang yang bermuka dua biasanya sulit untuk berubah. Oleh karena itu, kamulah yang harus membiasakan diri dengannya.

BACA JUGA :

5 Cara Menghadapi Orang Sombong dan Angkuh Menurut Islam


Nah, itu dia cara menghadapi orang yang bermuka dua dalam Islam dengan benar. Ingat, Islam adalah agama yang menjunjung perdamaian. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melawannya dengan amarah dan menimbulkan masalah yang lebih besar.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita