Download our available apps

Begini Cara Menjaga Perasaan Orang Lain Dengan Baik

Pewarta - Prana Hikmat
Begini Cara Menjaga Perasaan Orang Lain Dengan Baik
Ilustrasi : Cara Menjaga Perasaan Orang Lain

BLOG OSCAS - Menjaga perasaan orang lain adalah kebaikan yang luar biasa. Namun, bukan berarti kamu mengabaikan perasaan dan kepentinganmu sendiri. Berikut kami paparkan cara menjaga perasaan orang lain tanpa menyiksa diri sendiri.


Hal ini perlu kamu terapkan agar tidak selalu mengiyakan permintaan orang dengan alasan menjaga perasaan. Padahal, kamu ingin menolak atau bahkan tak menyukainya. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai akhir.


Cara Menjaga Perasaan Orang Lain


1. Beri batasan pada diri sendiri


Berbuat baik memang dianjurkan tapi jangan sampai berlebihan hingga menyakiti diri sendiri. Buatlah batasan yang jelas dengan dirimu sendiri. Kapan kamu bisa menerima permintaan orang lain atau menolaknya. Tegaskan kembali bahwa menjaga perasaan diri sendiri tetap nyaman juga hal yang penting.


2. Jangan merasa paling benar


Setiap hari kamu tidak akan melewatinya tanpa berinteraksi dengan teman, keluarga, orang baru atau yang lainnya. Nah, usahakan setiap kamu berinteraksi dengan mereka jangan sampai merasa paling benar.


Jangan pernah mengabaikan pendapat atau jawaban orang lain. Apalagi jika kamu membantahnya tanpa mendengarkan secara keseluruhan. Hal itu tentu akan menyakiti perasaan orang tersebut.


Daripada kualitas hubungan kamu dengan orang lain buruk, sebaiknya turunkan egomu dan jangan merasa paling benar. Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda.


3. Lebih terbuka


Cara menjaga perasaan orang lain selanjutnya adalah lebih terbuka atau open minded. Jangan pernah menganggap sesuatu yang dilakukan orang lain itu buruk hanya karena kamu tidak melakukannya.


Misalnya, kamu memandang remeh temanmu yang tidak lulus sekolah sedangkan kamu menuntut ilmu hingga sarjana. Apalagi jika kamu mengutarakannya secara jelas pada mereka, hal ini tentu sangat tidak baik dan bisa melukai perasaan orang tersebut.


4. Berbaik sangka


Selalu berpikiran positif atau berbaik sangka kepada orang lain termasuk menjaga perasaan mereka, lho. Jangan pernah memiliki pikiran buruk kepada orang lain tanpa bukti nyata. Apalagi jika kamu masih menduga-duga namun sudah mengutarakannya. Hal ini akan menyakiti hati mereka.

BACA JUGA :

3 Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Dengan Bijaksana


Demikianlah cara menjaga perasaan orang lain yang benar tanpa menyakiti diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita