Download our available apps

3 Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Dengan Bijaksana

Pewarta - Prana Hikmat
3 Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Dengan Bijaksana
Ilustrasi : Orang Tua Toxic

BLOG OSCAS - Jangan takut, begini cara menghadapi orang tua toxic dengan bijaksana. Orang tua yang toxic biasanya suka mengatur anak sesuai kemauan mereka tanpa memikirkan perasaan dan pendapat anak.


Bahkan dari hal tersebut, anak bisa tumbuh dengan rasa percaya diri yang rendah atau mudah menyalahkan diri sendiri. Untuk menghadapi orang tua yang toxic memang tidak mudah. Jika kamu melawan dan memberontak, kamu akan di cap sebagai anak durhaka.


Namun jika kamu akan stres jika hanya diam saja. Berikut kami paparkan beberapa cara untuk menghadapinya.


Cara Menghadapi Orang Tua Toxic


1. Berikan batasan antara orang tua dan anak


Menetapkan batasan dengan orang tua yang toxic memang sangat sulit, apalagi jika kamu tinggal satu atap. Cara lain sebagai solusinya, kamu bisa bersikap tegas dan percaya diri dalam mengutarakan pendapat tanpa memancing respon negatif dari orang tua.


Mulai katakan pada orang tua kamu hal apa saja yang membuatmu merasa tidak nyaman. Sesekali kamu bisa mengatakan tidak jika memang tidak sesuai keinginanmu. Tapi pastikan bahwa kamu tidak menolak untuk melakukan kebaikan ya. Kalau begini berarti bukan orang tua yang bermasalah tapi diri kamu sendiri.


2. Alihkan pembicaraan pada hal positif


Jika orang tua sedang memberitahukan kemauannya tanpa memberi kamu dukungan. Sebisa mungkin kamu tidak emosi dan berdebat dengan mereka. Hal ini bukan memperbaiki masalah namun memperburuk hubunganmu dengan mereka.


Lebih baik jika kamu menolak atau kecewa, kamu alihkan pembicaraan pada hal lain yang positif. Misalnya, kamu bisa menanyakan hal menyenangkan yang terjadi pada orang tuamu, atau kamu bisa membahas apa saja yang telah kamu capai.


3. Tambah kesibukan di luar rumah


Agar Anda tidak jenuh dan stres saat di rumah. Kamu bisa menambah kesibukan di luar rumah. Misalnya, sering pergi ke perpustakaan, belajar kelompok bersama teman, menambah pekerjaan freelance di luar, atau hal lainnya yang bermanfaat.

BACA JUGA :

5 Cara Menghadapi Orang Sombong dan Angkuh Menurut Islam


Nah, itu dia cara menghadapi orang tua toxic dengan bijaksana. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita