Download our available apps

Cara Menghadapi Orang Pelit Agar Cepat Sadar

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghadapi Orang Pelit Agar Cepat Sadar
Ilustrasi : Orang Pelit

BLOG OSCAS - Pelit adalah karakter yang bisa dimiliki siapa saja. Orang pelit biasanya tidak mau berbagi apapun yang dimilikinya. Berjumpa dengan orang yang pelit itu memang menguji kesabaran. Apalagi jika hal ini terjadi pada orang di sekitar Anda seperti teman atau sahabat.


Untuk mengubah kebiasaan tersebut bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu, mulailah dari Anda untuk menyikapi lebih bijaksana. Berikut, kami paparkan cara menghadapi orang pelit agar cepat sadar.


Cara Menghadapi Orang Pelit


1. Tetap bersikap baik


Walaupun teman atau keluarga Anda memiliki sifat pelit dan tidak suka menolong, hendaklah Anda tetap bersikap baik dan bersedia menolongnya ketika membutuhkan bantuan. Sejatinya, sifat buruk jangan dilawan dengan sikap yang sama.


Dengan memberikan contoh yang baik, orang yang pelit akan terbuka hatinya untuk mengikuti kebiasaan Anda yang selalu baik.


2. Sindir secara halus


Memberi peringatan secara halus bisa jadi cara ampuh untuk menegurnya. Orang pelit juga biasanya tidak suka kalau orang di sekitarnya mendapatkan sesuatu yang lebih. Oleh karena itu, Anda bisa menyindirnya bahwa apa yang ia terapkan itu salah.


3. Berbicara jujur


Jika Anda sudah menyindirnya secara halus namun belum juga sadar. Anda bisa memberitahunya secara langsung dengan kata-kata yang halus. Katakan padanya bahwa tidak ada salahnya saling berbagi dan menolong.


Hal itu tidak akan membuat kita semata-mata menjadi miskin. Malah bisa membawa keberkahan di kemudian hari. Kendati demikian, Anda harus membicarakannya secara berdua atau privat. Tidak baik jika Anda menasehatinya di khalayak ramai.


4. Ikhlas


Jika semua cara tersebut sudah Anda lakukan namun mereka tak kunjung sadar. Kini saatnya Anda yang mengikhlaskan semuanya. Tetaplah membantu mereka, tetap berbagi dan menemani mereka dengan ikhlas.

BACA JUGA :

Ampuh Banget! Ini Dia Cara Menghadapi Orang yang Cuek


Dengan begitu sesuatu yang baik akan kembali diri Anda sendiri. Tak perlu perhitungan Anda selalu berbagi dengannya namun ia tidak.
Demikianlah cara menghadapi orang pelit dengan mudah agar cepat sadar. Pastikan Anda tidak melakukan sesuatu yang menyinggung perasaannya. Semoga membantu!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita