Download our available apps

Cara Menghilangkan Noda Minyak Di Kain Ceruti Supaya Tetap Pede Saat Dipakai!

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Noda Minyak Di Kain Ceruti Supaya Tetap Pede Saat Dipakai!
Gambar Kain Ceruti

BLOG OSCAS - Kain ceruti adalah salah satu jenis kain yang banyak dipakai untuk hijab dan juga pakaian. Kain jenis ini punya tekstur yang mirip sifon dengan permukaan bintik-bintik, layaknya kulit jeruk namun berukuran kecil dan halus. Adakalanya kain ceruti terkena minyak ataupun lemak yang membuat Anda jadi tidak pede memakainya. Bagaimana cara menghilangkan noda minyak di kain ceruti?


Kain ceruti punya bahan yang lembut dan cukup elastis, sehingga jika digunakan untuk produk hijab sangat nyaman dipakai. Namun jika sudah ternoda, tentu Anda tidak percaya diri untuk memakainya.


Cara Menghilangkan Noda Minyak Di Kain Ceruti


Noda minyak kerap kali menjadi musuh terbesar saat menggunakan jilbab dan pakaian. Terutama ketika sedang makan atau memasak dan tidak sengaja terkena noda minyak dan lemak. Untuk kain ceruti yang terkena noda minyak berikut ini beberapa tips menghilangkannya.


1. Menggunakan Bedak Bayi


Anda bisa memanfaatkan bedak bayi untuk menghilangkan noda minyak atau lemak. Namun terlebih dahulu, Anda wajib mengeringkan noda minyak dengan tisu apabila ingin membersihkan kain ceruti sesegera mungkin.


Setelah mengeringkan minyak dengan tisu, maka langsung taburi bagian yang kena noda dengan bedak bayi merk apa saja. Jika tidak ada bedak bayi, Anda juga bisa memanfaatkan tepung maizena atau garam. Anda bisa memanfaatkan sendok atau pakai tangan saja untuk membersihkan noda minyak dengan bedak bayi atau tepung sampai benar-benar tidak bernoda lagi. Setelah itu kemudian cuci kain ceruti sampai bersih.


2.  Sabun Pencuci Piring


Selain bedak cara menghilangkan noda minyak di kain ceruti yaitu dengan sabun pencuci piring. Caranya yaitu dengan mengoleskan sabun pencuci piring pada noda kain. Setelah sabun mulai berbusa pada noda, maka Anda bisa gosok noda tersebut dengan gerakan memutar, menggunakan sikat gigi bekas yang lembut.


Jika Anda membersihkan kain ceruti berbentuk pakaian, maka bersihkan noda pada dua sisi yaitu luar dan dalam. Setelah noda benar-benar hilang cuci kain ceruti tapi pisahkan dengan pakaian lain lalu dijemur ditempat terbuka. Usahakan untuk mengeringkan pakaian secara manual yaitu hanya dengan bantuan sinar matahari, karena jika pakai mesin dialirkan noda tetap menempel.


3. Cuka


Cuka juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan noda pada kain. Namun pemakaian cuka ini bisa mengurangi efektifitas dari sabun deterjen setelahnya. Jadi sebaiknya gunakan cuka untuk membersihkan noda saja lalu kemudian kain ceruti bisa dicuci seperti biasa.


Atau bisa juga dengan mencampurkan cuka dengan air lalu rendam kain ceruti. Setelah nodanya hilang Anda bisa membilas kain dengan menggunakan sabun atau deterjen. Jemur dengan cara diangin-anginkan saja, jangan diletakkan pada cuaca yang mendapat sinar matahari langsung.


4. Alkohol


Alkohol juga jadi bahan ajaib yang bisa menghilangkan noda minyak dan noda lemak. Cara penggunaannya juga sangat mudah yaitu Anda tinggal meneteskan alkohol saja pada noda yang ingin dihilangkan, lalu biarkan terlebih dahulu selama beberapa menit supaya kotoran atau noda yang membandel hilang.


Setelah noda hilang, maka langsung cuci bahan kain ceruti dengan sabun atau deterjen. Pastikan untuk mencucinya tidak terlalu kuat hanya di kucek-kucek pelan saja.


5. Baking Soda


Apakah Anda berpikir bahwa baking soda hanya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan kue saja? Baking soda dikenal sebagai bahan yang memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya, baking soda juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda minyak di baju ataupun bahan kain ceruti lainnya.


Cara penggunaannya yaitu campuran baking soda dan air hingga membentuk pasta lalu oleskan pasta yang sudah jadi ke noda kain. Anda bisa sikat menggunakan pasta gigi dengan gerakan memutar ataupun pakai tangan saja sampai noda benar-benar hilang.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Kerutan di Celana Jeans dengan Berbagai Alternatif


Itu tadi lima cara menghilangkan noda minyak di kain ceruti yang bisa Anda coba. Untuk membuat noda minyak tidak  semakin membandel pada kain ceruti, maka sebaiknya setelah terkena noda langsung saja dibersihkan. Karena ketika noda membandel apalagi sampai dibiarkan berhari-hari, akan lebih sulit untuk membersihkan noda tersebut pada kain ceruti ataupun jenis kain lainnya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita