Download our available apps

Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Kacamata Paling Efektif

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Kacamata Paling Efektif
Gambar Kaca Mata

BLOG OSCAS - Gagang atau frame kacamata yang patah tidak terlalu parah biasanya bisa diperbaiki dengan cara menggunakan lem perekat. Salah satu merk lem perekat yang bisa Anda andalkan adalah lem alteco. Setelah penggunaan lem alteco, umumnya orang cukup terganggu dengan bekas lem tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas lem alteco di kacamata?


Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Di Kacamata


Untuk Anda yang kesusahan menghilangkan bekas lem alteco pada bagian kacamata yang sedang diperbaiki karena patah atau rusak, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.


1. Dengan Air Sabun


Cara menghilangkan bekas lem alteco di kacamata yang pertama yaitu dengan menggunakan air sabun. Air sabun yang bisa Anda pakai cukup banyak yaitu bisa dengan jenis sabun mandi, sabun cuci piring atau sabun untuk membersihkan pakaian. Tapi paling disarankan adalah menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda bekas lem alteco.


Untuk membersihkan lem alteco yang tersisa di bagian kacamata, maka pastikan bahwa Anda menggunakan air hangat yang sudah diletakkan dalam sebuah wadah. Campuran air hangat dan busa sabun lalu celupkan bagian kaca mata yang terkena sisa lem alteco. Rendam sebentar kacamata pada campuran air sabun yang hangat, agar lem menjadi lunak. Kemudian Anda bisa mulai menggosok bagian frame atau gagang kacamata yang terkena sisa lem.


2. Dengan Minyak Zaitun


Cara menghilangkan lem alteco yang tersisa pada bagian kacamata, maka bisa juga dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak zaitun dan campuran taburan garam sedikit kebagian kacamata yang terkena lem. Kemudian setelah itu diamkan terlebih dahulu agar bagian lem menjadi lunak lalu gosok. Basuh lagi bagian kacamata yang sudah hilang sisa lemnya, dengan air bersih.


3. Aseton


Bagaimana cara menghilangkan lem di kaca mata? Untuk hal ini Anda bisa coba dengan memanfaatkan aseton. Aseton merupakan cairan pembersih cat kuku atau kutek, yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas lem alteco di kacamata. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Pertama, Anda tinggal tuangkan cairan aseton pada wadah sedikit saja.


Aseton ini akan digunakan untuk merendam bagian tubuh kacamata yang terkena lem. Setelah sudah direndam pada beberapa saat, gosokkan bagian kaca mata yang terkena lem perlahan sampai lemnya benar-benar hilang. Kemudian Anda bisa langsung bilas kacamata dengan air atau menggunakan kain pembersih kacamata.


4. Dengan Cuka


Jika tiga cara tadi belum efektif untuk menghilangkan lem yang ada pada bagian kacamata, maka Anda bisa mencoba memakai cuka. Untuk cara pengaplikasian cuka ke bagian kacamata yang terdapat lem juga cukup mudah. Teteskan cuka sedikit saja 1 sampai 3 tetes pada bagian permukaan kacamata yang terdapat sisa lem.


Setelah itu diamkan terlebih dahulu bagian yang ditetesi cuka, sampai kira-kira lemnya melunak. Kemudian jika sudah lunak, Anda bisa kupas bagian sisa lem atau congkel dengan tangan sampai benar-benar hilang.


5. Minyak Kayu Putih


Minyak kayu putih juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan sisa lem alteco pada kacamata. Namun perlu diperhatikan, bahwa minyak kayu putih bisa Anda manfaatkan untuk sisa lem alteco yang belum terlalu lama menempel pada kacamata. Karena jika sudah terlalu lama, maka biasanya akan mengeras dan susah dibersihkan jika hanya mengandalkan minyak kayu putih saja.


Cara penggunaan minyak kayu putih untuk membersihkan lem yang ada di kacamata, yaitu dengan meneteskan minyak ke bagian yang ingin dibersihkan. Kemudian Anda bisa gosok perlahan bekas lem dengan tangan untuk memastikan bahwa lemnya benar-benar menghilang. Jangan lupa bersihkan kacamata dari bekas minyak kayu putih dengan menggunakan tisu atau kain khusus lap kacamata.

Baca Juga :

5 Cara Menghilangkan Lem Tikus pada Pakaian dengan Mudah dan Cepat


Itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas lem alteco di kacamata. Bekas lem tentu akan sangat mengganggu, terutama penampilan saat kacamata digunakan. Namun di satu sisi, penggunaan lem alteco pada kacamata tentu saja sangat membantu agar kacamata yang bisa digunakan lagi setelah patah bagian gagang atau framenya. Anda bisa coba satu per satu cara diatas, sehingga bisa menemukan solusi yang paling tepat untuk permasalahan sisa lem alteco yang menempel di kaca mata.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita