Download our available apps

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Celana Chino dan Cara Merawatnya

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Celana Chino dan Cara Merawatnya
Gambar Celana

BLOG OSCAS - Celana jenis chino umumnya digunakan hampir semua orang. Celana dengan bahan katun lembut ini selalu menjadi andalan, nyaman dan cocok digunakan kemana saja dan dimana saja.


Celana ini butuh perawatan khusus untuk tetap menjaga kualitas dan warnanya tetap stabil. Terutama saat proses pencucian. Celana chino tidak cocok direndam dan dicuci bersama pakaian lain yang mudah luntur. Sehingga butuh penanganan khusus.


Tahap Menghilangkan Noda Luntur Pada Celana Chino


Berikut ini cara menghilangkan noda luntur pada celana chino yang perlu Anda ketahui:

  1. Pertama siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti panci besar, penjepit, detergen, air secukupnya dan kompor.
  2. Tuang air bersih ke dalam panci besar, masukkan deterjen secukupnya, aduk sampai berbusa.
  3. Nyalakan api kompor dan letakkan panci di atas kompor.
  4. Masukkan celana chino yang terkena luntur. Aduk pelan dan tunggu sampai mendidih.
  5. Setelah dibiarkan beberapa menit, matikan api kompor dan angkat celana.
  6. Masukkan ke dalam ember berisi air dingin.
  7. Periksa noda luntur pada celana, kucek pelan dan noda luntur akan hilang dengan sendirinya.


Dengan langkah yang sama di atas Anda bisa menambahkan cuka pada larutan detergen saat memasak air dengan panci. Cara ini bisa Anda lakukan jika dengan detergen saja noda tidak hilang.


Cara simpel lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menambahkan beberapa sendok garam pada rendaman pakaian. Bila perlu letakkan butiran garam pada bagian noda celana, biarkan beberapa saat. Kemudian kucek pelan dan noda akan hilang dengan sendirinya.


Setelah mengetahui cara menghilangkan noda luntur pada celana chino tersebut. Mulai sekarang jangan merendam celana chino terlalu dan jangan lakukan perendaman bersamaan dengan pakaian yang mudah luntur.


Cara Merawat Celana Chino supaya Tidak Terkena Noda Luntur


Setelah menghilangkan noda luntur pada celana di atas, berikut ini beberapa tips dan cara menjaga dan merawat celana chino supaya tidak mudah terkena noda luntur. Anda juga bisa menggunakan celana Anda dalam jangka waktu yang cukup lama dan awet. Yuk simak penjelasan berikut ini:


1. Tidak Merendam Celana Terlalu Lama


Saat ingin mencuci celana, rendamlah dengan detergen dalam waktu 5-10 menit saja. Jangan merendam celana terlalu lama supaya tetap awet. Langsung cuci celana setelah direndam. Jangan biarkan celana terendam sampai berjam-jam dan berhari-hari.


2. Mencuci Celana dengan Tangan


Mencuci celana chino baiknya lakukan dengan tangan. Jangan gunakan mesin cuci, hal ini dikarenakan supaya Anda bisa langsung mengucek celana pada bagian celana yang ada nodanya.


Selain itu mencuci celana chino dengan tangan juga dapat membuat umur celana lebih lama. Jika terpaksa harus menggunakan mesin cuci, maka lakukan pengaturan pada mesin cuci supaya putaran berada pada posisi rendah.


3. Tidak Menggunakan Pemutih saat Mencuci


Jika ingin menghilangkan noda atau bekas luntur pada chino, disarankan untuk tidak menggunakan pemutih. Hal ini dapat merusak serat dan bahan celana. Meski noda mungkin bisa hilang, tapi bekas luntur pada celana harus dihilangkan dengan cara yang berbeda.


Gunakan deterjen jika ingin mencuci dan merendam celana. Penggunaan pemutih dapat merusak warna dan kekhasan pada celana chino.


4. Hilangkan Noda Celana dengan Alkohol


Cara merawat celana chino bisa menjadi cara yang gampang namun ribet. Saat celana chino Anda terkena noda yang cukup membandel, gunakan alkohol untuk menghilangkan noda tersebut.


Gunakan alkohol hanya pada spot noda tersebut berada. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan sedikit alkohol hanya pada bagian noda kemudian kucek pelan sampai noda menghilang dan keringkan.


5. Tidak Terlalu Sering Mencuci Celana


Untuk tetap menjaga kualitas dan membuat celana tetap awet, jangan terlalu sering mencuci celana. Mencuci celana jenis chino tidak membuatnya semakin bagus bahkan sebaliknya, dapat membuat celana jelek dan semakin pudar.

BACA JUGA :

Inilah 5 Cara Menghilangkan Noda Pada Tas Jelly yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah dan Praktis


Itulah cara menghilangkan noda luntur pada celana chino dan tips merawatnya supaya tetap awet dan terjaga kualitasnya. Lakukan tips tersebut dan Anda bisa menggunakan celana chino Anda dalam jangka waktu yang lama.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita