Download our available apps

5 Cara Menghilangkan Lem Tikus pada Pakaian dengan Mudah dan Cepat

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Menghilangkan Lem Tikus pada Pakaian dengan Mudah dan Cepat
Foto : Pakaian

BLOG OSCAS - Anda harus tahu cara menghilangkan lem tikus pada pakaian jika menemukan bekas lem pada pakaian Anda. Tentu, lem tikus bisa digunakan sebagai salah satu alat perangkap tikus. Lem ini dapat dipakai dengan mudah, aman, dan praktis.


Cara Menghilangkan Lem Tikus Pada Pakaian Terampuh


Lem tikus berwarna bening dan tidak ada bau tapi tingkat perlekatannya sangat kuat. Jadi, bisa menjadi masalah jika menempel pada pakaian saat Anda memakainya. Lakukan cara-cara menghilangkan lem tikus pada pakaian berikut ini:


1. Merendam Pakaian dengan Deterjen Semalaman


Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah merendam pakaian yang kena lem. Jangan gabungkan dengan pakaian lain. Rendam pakaian dengan deterjen selama semalam. Anda bisa mengoleskan detergen pada area pakaian yang terkena lem tikus.


Diamkan pakaian yang terkena lem tikus tanpa menguceknya, Anda ingin deterjen merembes sampai ke serat pakaian. Pastikan bahwa detergen yang digunakan tidak akan mengubah warna pakaian atau mengubah warna saat direndam semalaman.


Anda bisa memakai deterjen cair agar lebih mudah menyerap, tapi kalau tidak ada deterjen apa saja juga bisa. Gosoklah pakaian dengan sikat gigi pada keesok harinya. Lakukan hati-hati agar lem tikus terlepas dan tidak merusak pakaian.


2. Menghilangkan dengan Aseton


Aseton tak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan cat kuku. Kandungannya ampuh mengatasi lem. Cairan ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan lem pada pakaian. Cara menghilangkan lem tikus pada pakaian dengan cara ini cukup mudah.


Anda cukup membasahi kapas dengan aseton, kemudian menggosokannya pada bagian pakaian yang terkena lem. Aseton bekerja dengan membantu melarutkan lem, dengan demikian lem bisa lebih mudah untuk dihilangkan dan pakaian akan bebas darinya.


Tingkat keefektifan bahan ini disesuaikan dengan kuatnya lem yang menempel pada pakaian. Usahakan untuk menggunakan aseton secukupnya agar tidak menghilangkan warna asli dari pakaian. Jadi, pakai sedikit demi sedikit dan jangan sampai berlebihan.


3. Menggunakan Air Lemon


Cara menghilangkan lem tikus pada pakaian yang satu ini memakai bahan alami. Anda bisa gunakan air lemon untuk menghilangkan lem tikus yang menempel pada pakaian. Peraslah lemon secukupnya dan tempatkan air perasan hasilnya pada wadah.


Tuangkan perasan lemon pada bagian yang terkena lem. Kemudian, sikat menggunakan sikat gigi secara perlahan. Lem tikus pada pakaian Anda akan terlepas dalam waktu yang tidak terlalu lama. Lakukan dengan tenaga agar lem bisa terlepas dengan baik.


4. Menggunakan Cuka Putih


Anda dapat memakai bahan yang sering digunakan sehari-hari yang ada di dapur, seperti cuka putih untuk mengatasi lem tikus yang menempel pada pakaian. Cuka putih memang dikenal sangat baik untuk menghilangkan berbagai bakteri dan kotoran.


Bahan ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan lem tikus yang menempel pada pakaian. Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan cuka putih dengan air hangat. Lalu, rendam bagian pakaian yang terkena lem dengan campuran tersebut.


Anda perlu diamkan kurang lebih 15 menit, jangan terlalu lama, karena cuka bisa merusak baju kalau dibiarkan. Langkah selanjutnya adalah sikat bagian pakaian yang kena lem dengan perlahan. Lalu, cuci pakaian dan bilas hingga bersih seperti biasanya.


5. Kayu Putih


Kayu putih juga ternyata bisa dipakai untuk melepas rekatan lem pada pakaian. Kandungan didalamnya ampuh mengatasi lem yang kuat seperti lem tikus. Tentu keampuhannya tergantung jenis pakaian dan juga berapa banyak lem yang merekat.

BACA JUGA :

Cara Membersihkan Layar HP Touchscreen Dengan Minyak Kayu Putih


Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak kayu putih pada bagian yang terkena lem. Pakai lebih banyak kalau lem sangat lengket dan banyak. Gosok perlahan dan kalau sudah lepas tinggal mencucinya. Kayu putih terbilang aman dipakai untuk pakaian.


Itulah cara menghilangkan lem tikus pada pakaian yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengulangi cara-cara di atas jika lem pada pakaian masih menempel. Kalau cara satu tidak membuahkan hasil, coba cara lainnya.


Pastikanlah untuk memperhatikan bahan yang digunakan agar tidak merusak warna atau tekstur pakaian. Ketika membersihkan pakaian yang kena lem tikus, pisahkan dari pakaian lainnya. Segera bersihkan sebelum lemnya jadi lebih sulit dibersihkan.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita