Download our available apps

Cara Menghilangkan Kerutan di Celana Jeans dengan Berbagai Alternatif

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Kerutan di Celana Jeans dengan Berbagai Alternatif
Foto : Celana Jeans

BLOG OSCAS - Menemukan kerutan di celana jeans tentunya sangat merepotkan. Hal ini akan membuat tampilan Anda tampak kusut atau tidak rapi. Cara menghilangkan kerutan di celana jeans bisa dilakukan dengan beberapa alternatif mudah. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.


Hilangkan Kerutan di Celana Jeans dengan 4 Cara Berikut :


Celana jeans merupakan salah satu jenis celana yang cukup banyak diminati. Bahannya yang cukup tebal dengan teksturnya yang keras membuat Anda harus bisa merawatnya secara khas. Salah satu masalah yang banyak ditemui yaitu kerutan pada celana.


Cara menghilangkan kerutan di celana jeans pada dasarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Setiap cara menjadi alternatif untuk mengatasi masalah kerutan pada celana Anda. Adapun cara-cara yang bisa dilakukan yaitu:


1. Menggunakan Mesin Pengering


Cara pertama yaitu dengan menggunakan mesin pengering. Untuk melakukan cara yang satu ini, Anda membutuhkan es batu sebagai bahan penunjang untuk merapikan kerutan pada celana. Lebih rincinya, bisa dilakukan dengan langkah berikut:


  • Siapkan mesin pengering dan es batu
  • Selanjutnya, masukkan es batu beserta celana yang mengkerut pada mesin pengering
  • Atur mesin pengering pada suhu sedang
  • Keringkan dalam waktu sekitar 15 menit-an
  • Keluarkan celana dan gantungkan di area yang tepat
  • Jika memang terburu-buru, Anda juga bisa langsung menggunakannya.


2. Menguapi dengan Uap Air Panas Kamar Mandi


Cara menghilangkan kerutan di celana jeans lainnya bisa dilakukan dengan proses penguapan. Uap bisa membantu menghilangkan kerutan pada celana jeans Anda. Untuk uap-nya pun bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan air panas di kamar mandi. Langkah-langkahnya yaitu:


  • Simpanlah celana jeans yang berkerut di kamar mandi dengan cara digantung
  • Kemudian, Anda harus menyalakan pancur air panas yang tersedia di kamar mandi
  • Tutuplah kamar mandi serapat mungkin, sehingga upanya tidak ada yang keluar
  • Proses penguapan membutuhkan waktu sekitar 15 menit-an
  • Jika sudah selesai, Anda bisa membuka kembali kamar mandi.


Dalam proses penguapan ini, celana yang berkerut harus didekatkan dengan sumber air panas. Namun, tetap dipastikan bahwa celana tidak terkena air, sehingga tidak basah. Cara ini bisa dilakukan sembari Anda mandi, sehingga air pun tidak terbuang sia-sia.


3. Menggunakan Semprotan Anti Kusut


Alternatif lainnya bisa menggunakan semprotan anti kusut. Cara yang satu ini mengharuskan Anda membeli bahan berupa semprotan khusus yang bisa ditemukan di swalayan ataupun toko yang berkaitan. Jenis semprotan ini sangat tepat diaplikasikan pada celana berbahan jeans.


Untuk semprotan anti kusut ini bisa dibuat secara mandiri. Caranya yaitu dengan mengkombinasikan cairan air dan cuka. Selanjutnya, masukkan ke dalam botol yang tersedia semprotan. Aplikasikan pada celana sedikit demi sedikit.


Seperti yang diketahui, cuka menyebarkan aroma yang menyengat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan cairan pelembut dalam semprotan yang telah dibuat. Aromanya pun akan lebih harum.


Semprotkan pada area yang mengkerut, kemudian gantunglah sampai kering. Pastikan Anda menyemprotkannya secukupnya tanpa membuat celana menjadi basah. Hal ini bisa merusak kualitas celana yang akan digunakan.


4. Menggunakan Panci Panas


Selain menguapkan, Anda juga bisa menghilangkan kerutan dengan cara memanaskan. Salah satunya dengan menggunakan panci panas. Jenis panci yang direkomendasikan yaitu panci yang umumnya digunakan untuk rebus mie. Caranya yaitu sebagai berikut:


  • Siapkan panci yang akan digunakan
  • Isilah air secukupnya pada panci dan didihkan
  • Jika sudah mendidih, buanglah air pada panci
  • Selanjutnya, gosokkan dasar panci pada area celana yang mengkerut
  • Lakukan secara hati-hati, karena panci panas bisa melukai Anda.


Cara ini dilakukan sebagai salah satu alternatif ketika Anda tidak bisa menggunakan setrika. Memang bisa dicoba, tapi panas pada panci tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Namun, kerut pada celana akan menghilang.


Cara yang paling mudah tentunya dengan menggunakan setrika. Anda bisa memanaskan setrika dengan suhu yang tepat untuk celana berbahan jeans. Selanjutnya, gosokkan pada area celana yang mengalami kerutan.

BACA JUGA :

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Bekas Plisket Pada Kain yang Paling Ampuh


Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kerutan di celana jeans yang bisa Anda coba. Tampil dengan pakaian rapi tentu akan meningkatkan kepercayaan Anda. Jadi, pastikan pakaian yang Anda dalam kondisi bersih dan rapi.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita